Rabu, 31 Agustus 2016

4 TANDA TUBUH KEKURANGAN SERAT


Konsumsi  atau makan makanan berserat seperti sayur mayur dan buah-buahan yang sangat penting bagi kesehatan pencernaan. Dampak langsung ketika kita makan kurang serat adalah sembelit atau sulit buang air besar. jangka panjang, kurangnya serat dapat menyebabkan masalah besar bagi kesehatan.

Kurang serat mendorong seseorang untuk makan lebih banyak sehingga kelebihan berat badan. akhirnya bisa menyebabkan diabetes dan penyakit jantung. Jadi jangan mengabaikan kebutuhan tubuh serat.

Mengenali tanda-tanda ketika tubuh kekurangan serat bawah.

1. Feses keras

Silakan periksa bentuk tinja Anda. Jika keras atau feses mulai keluar sedikit demi sedikit dengan ukuran kecil itu adalah tanda dari tubuh untuk makan lebih sedikit serat. Robynne Chutkan, MD, pendiri Pencernaan Pusat Perempuan mengatakan, "bentuk A-C atau masuk lurus ideal," katanya.

2. Lapar setelah makan

Makan serat dapat mengambil ruang dalam saluran pencernaan. Serat juga lebih lama untuk dicerna dalam tubuh sehingga membuat merasa kenyang lebih lama. Jika lapar muncul kembali setelah satu atau dua jam dari makan, itu pertanda Anda perlu meningkatkan porsi serat dalam diet Anda.

3. Kembung

Serat membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Tanpa serat, lebih banyak makanan bisa terjebak di saluran pencernaan. Hal ini dapat membuat kembung dan rasa tidak nyaman di perut. Makan salad, atau sup yang mengandung sayuran dan kacang-kacangan membantu rasa kenyang yang lebih baik.

4. Daytime

Anda perlu tahu, ternyata serat membantu menjaga kadar gula darah stabil. Ketika makanan kurang serat, gula darah bisa naik dan kemudian jatuh dengan cepat. Akibatnya merasa lemah, lesu dan mengantuk.


Ahli gizi Frances Largeman-Roth, RDN penulis Eating di Color menyarankan, mengkonsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, atau biji secara bertahap. makanan bergizi lengkap dari suplemen serat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar